Hari ke 2 di Lombok, kami mulai meninggalkan hotel pukul 9. Hari ke-2 dijadwalkan untuk mengunjungi Gili Trawangan seharian penuh, dan mengunjungi beberapa toko di Lombok untuk membeli oleh-oleh.

Perjalanan dari Holiday Resort menuju ke pelabuhan penyeberangan memakan waktu sekitar setengah jam. Karena setiap kapal hanya mampu menampung maksimal 20 orang, maka kami diberangkatkan dengan 6 kapal. Perjalanan dari pelabuhan menuju ke pulau Gili Trawangan menempuh waktu sekitar 40 – 50 menit, hal ini tergantung dengan besar atau tidaknya ombak. Oh iya, karena kita menggunakan kapal-kapal kecil milik penduduk setempat, ya jadi jangan berharap ada peralatan keselamatan yang lengkap ya…

Kata tour guide kami, wisatawan manca suka kesusahan menyebut Gili Trawangan, sehingga mereka sering menyebutnya dengan Gili Tralala.

trawangan1

Kondisi di pinggir pantai Gili Trawangan, penuh dengan kapal yang merapat

Sesampainya di Gili Trawangan, saya takjub melihat pantai yang sangat rame. Baik wisatawan domestik atau mancanegara semua berbaur disini. Sepanjang pinggir pantai Trawangan ini sudah penuh oleh kios-kios persewaan, kafe, dan losmen-losmen yang semuanya dipadati oleh wisatawan. Kalau kalian pernah ke pangandaran, nah kondisinya hampir sama seperti itu.

trawangan-3

Tidak ada agenda khusus dari tour agent di Gili Trawangan, kami di bebaskan untuk berkegiatan hingga jam 2 siang. Pilihan pertama kami jatuh pada berkeliling pulau Gili Trawangan dengan bersepeda. Harga yang dipatok adalah 20 ribu/jam dan ternyata nih saya baru tau kalo memutari pulau Gili Trawangan dengan bersepada secara santai, waktu yang dibutuhkan kurang lebih 1 jam !

Nah tapi sayang, aku sekeluarga ga mengitari pulau Gili, karena keburu pengen snorkeling liat terumbu karang. Sedikit tips dari saya, untuk mendapatkan harga snorkeling yang murah berjalanlah agak jauh ke sisi barat dari pulau Gili Trawangan, yang jelas carilah tempat yang agak sepi. Anda dapat bersnorkeling sepuasnya sampai anda bosan. Tapi walaupun puas snorkeling, jangan harap bisa liat terumbu karang yang cantik-cantik di Gili Trawangan. Karena mayoritas terumbu karang di Gili Trawangan sudah mati semua.

Kalau ingin mendapatkan pemandangan terumbu karang dengan beragam warna, sewalah perahu untuk menyebrang lagi ke Gili Air ataupun Gili Meno (dengan catatan kalau waktu yang disediakan oleh tour agent cukup) . Kata temen saya yang pernah ke Gili air, terumbu karangnya jauh lebih bagus.

Jika anda ngga mau berbasah-basah, ada juga glass boat tour yang bisa anda ikuti untuk melihat terumbu karang dan ikan yang ada di Gili Trawangan. Glass boat ini adalah kapal  yang bagian bawahnya adalah kaca/mika (mungkin ya) transparan, jadi kita bisa lihat pemandangan di bawah air.

Salah satu spot yang membuat saya betah berlama-lama adalah penangkaran penyu. Terdapat penangkaran penyu yang dikelola oleh penduduk setempat.

penyu

tukik ini nantinya akan dilepas ke lautan untuk berkembang biak

penyu3

tukik-tukik kecil yang nggemesin

Bagi anda yang muslim, di Gili Trawangan ini ada masjid guedhe banget yang cukup bagus, walaupun disana-sininya masih belum selesai pembangunannya. Jadi anda bisa beribadah sholat, dan beristirahat sejenak di masjid.

Setelah makan siang, sekitar jam 2 kami sudah mulai menuju ke kapal untuk pulang ke Lombok. Perjalanan pulang ternyata lebih cepat daripada berangkat. Hanya memakan waktu sekitar 20 menit untuk sampai di pinggir pantai pulau Lombok.

Perjalanan hari ke 2 kami diakhiri dengan belanja di beberapa tempat oleh-oleh, oh iya jangan lupa beli kain tenun khas Lombok, ga begitu mahal kok dan bagus buat dijadikan kemeja ataupun buat kado orang yang anda kasihi.

Advertisements

Leave a Reply

Fill in your details below or click an icon to log in:

WordPress.com Logo

You are commenting using your WordPress.com account. Log Out / Change )

Twitter picture

You are commenting using your Twitter account. Log Out / Change )

Facebook photo

You are commenting using your Facebook account. Log Out / Change )

Google+ photo

You are commenting using your Google+ account. Log Out / Change )

Connecting to %s